8+ Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula Sampai Panen - Situs Hewan

Post Top Ad

8+ Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula Sampai Panen

Share This

8+ Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula Sampai Panen - Budidaya ikan lele menjadi salah satu bisnis yang saat ini banyak digeluti oleh banyak orang, banyaknya permintaan dari pasar membuat kebutuhan stok ikan lele menjadi sangat penting. Hal ini yang mendorong banyak pelaku usaha yang membudidayakan ikan lele untuk meraup pundi-pundi keuntungan yang cukup menjanjikan.

foto: instagram @galery_themanfarm

Bisnis budidaya ikan lele tidak bisa dianggap sebelah mata dan tidak bisa di remehkan, omset yang bisa didapatkan apabila ikan lele panen bisa mencapai jutaan rupiah, angka tersebut tentunya sangat besar apalagi jika ikan yang dijual mempunyai kualitas dan kuantitas yang banyak.



Dalam mencapai kesuksesan budidaya ikan lele tidak bisa diraih dengan mudah, perlu banyak perjuangan sebelum akhirnya bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Jika Anda seorang pemula, akan lebih baik untuk mencari teknik-teknik dalam membudidayakan ikan lele dengan baik hingga panen.


Pelajari seluk beluk mengenai teknik pembudidayaan ikan lele agar tidak terjadi kebingungan saat proses pembudidayaan. Membudidayakan lele tidak hanya bicara soal memberi pakan saja, tapi juga perlu mengetahui cara perawatan yang lain seperti pemberian vitamin tambahan, mengetahui ikan yang sakit, memfilter setiap ukuran ikan, dan lain sebagainya.


Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula Sampai Panen

Sebelum memulai budidaya ikan lele, tentunya Anda perlu mengetahui teknik-teknik cara pembudidayaan ikan lele yang baik dan benar. Teknik ini sangat perlu untuk diketahui oleh Anda sebagai pelaku budidaya, apalagi jika seorang pemula yang baru terjun di dunia budidaya ikan lele.


Membudidayakan ikan lele tanpa ilmu yang kita punya dan hanya bermodalkan nekat saja, hanya akan menghasilkan waktu yang terbuang sia-sia karena pembudidayaan ikan lele tidak semudah yang dibayangkan.


Baca Juga :


Kadang orang yang mempunyai teknik dan ilmunya saja masih kerap kali mengalami kerugian, apalagi jika tidak mempunyai ilmunya sama sekali? Akan jadi apa nanti ikan yang di budidaya.


Agar budidaya dapat berjalan dengan sukses sampai panen, mari kita pelajari teknik-teknik cara budidaya ikan lele. Untuk mengetahuinya, silahkan simak pembahasan dibawah ini sampai akhir artikel.


Tips Sukses Budidaya Ikan Lele Dari Awal Sampai Sukses

1. Gunakan kolam terpal

Ada banyak metode kolam untuk penggunaan budidaya ikan lele, salah satunya adalah metode kolam terpal.


Kolam terpal menjadi pilihan yang paling di rekomendasikan karena ongkos pembuatannya yang murah juga mudah dalam proses pembuatannya.


Selain itu, menggunakan kolam terpal bisa di pindah-pindah (portable) penempatannya karena tidak permanen. 


Pemilihan kolam terpal juga sangat cocok digunakan untuk para pemula yang baru merintis usaha bisnis budidaya ikan lele, karena modal yang dikeluarkan tidak akan habis untuk membuat kolam.


Anda perlu menyiapkan lahan kosong yang cukup luas untuk membangun kolam terpal ini, pilih kondisi tanah yang stabil dan jauh dari keramaian orang.


2. Siapkan 3 kolam untuk penyaringan

Jika Anda baru memulai budidaya ikan lele, tentunya harus mempunyai kolam yang digunakan untuk tempat hidup sang ikan. Nah, untuk membudidayakan ikan lele setidaknya harus mempunyai 3 kolam ikan yang berbeda.


Masing-masing kolam nantinya mempunyai fungsi yang berbeda dan pasti dipakai, apalagi jika ikan yang di budidayakan mempunyai jumlah yang banyak. 


Kenapa harus 3 kolam dalam pembudidayaan ikan lele? Karena ketiga kolam ini akan di proyeksikan untuk penyaringan berdasarkan ukuran ikan lele setelah beberapa minggu di budidaya.


Agar lebih jelas, kita rincikan fungsi dari masing-masing kolam :

  • Kolam pertama digunakan untuk benih ikan lele
  • Kolam kedua digunakan untuk ikan lele yang sudah remaja
  • Kolam ketiga digunakan untuk ikan lele yang sudah dewasa dan masuk panen 

Ikan lele sangat perlu disaring berdasarkan ukurannya, karena jika tidak maka ikan lele yang kecil akan menjadi makanan dari lele yang lebih besar. Hal tersebut terjadi karena ikan lele mempunyai sifat kanibal (pemakan sesama).

3. Jauhkan kolam dari terik matahari langsung

Dalam pemilihan lokasi kolam juga perlu diperhatikan, pasalnya kolam yang terkena langsung dari panasnya terik matahari tidak bagus untuk ikan lele. Jika kolam terkena langsung teriknya matahari, ikan lele akan merasa kepanasan.


Selain itu, akan memunculkan penyakit jamuran. Kita sebagai pembudidaya tentunya tidak ingin ikan yang kita rawat mengalami hal seperti itu.


Oleh karena itu, jauhkan kolam dari paparan terik matahari langsung. Menambahkan jaring-jaring juga lebih bagus untuk meredam sinar matahari.


4. Kuras air setiap satu bulan sekali

Air kolam ikan lele perlu dibersihkan atau dikuras secara rutin setiap 30-45 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas air agar tetap baik dan terjaga sehingga ikan akan tumbuh dengan maksimal sampai masa panen tiba.


Air kolam menjadi tempat tinggal bagi ikan, kualitas air pada kolam menjadi faktor yang sangat berpengaruh bagi perkembangan ikan. 


Jika air kolam mempunyai kualitas yang buruk akan mengakibatkan ikan stress atau sakit, dan yang lebih parahnya bisa mengakibatkan kematian. Hal tersebut pastinya tidak ingin kita alami, maka dari itu sangat penting untuk menjaga kualitas air kolam.


pH air juga sangat penting untuk diperhatikan, apabila pH air tidak stabil dapat mengakibatkan ikan stress dan menyebabkan hilangnya nafsu makan. 


5. Cari benih lele yang berkualitas tinggi

Kualitas ikan turut menjadi andil untuk kesuksesan dalam budidaya ikan lele, benih ikan yang berkualitas tinggi akan menghasilkan ikan yang berkualitas tinggi pula saat masa panen tiba. Selain itu, pertumbuhan dari ikan akan lebih maksimal.


Ada banyak permasalahan yang muncul pada pembudidaya pemula ikan lele, salah satunya adalah mencari benih lele yang berkualitas. Biasanya para pemula belum mengetahui penjual benih lele yang berkualitas, hal ini memang sangat wajar karena belum mengetahui apapun.


Untuk mendapatkan benih lele yang berkualitas, carilah penjual yang memiliki review yang bagus. Anda bisa mencarinya di berbagai grup, forum atau komunitas di sosial media.


Untuk ciri-ciri benih lele yang berkualitas diantaranya :

  1. Berwarna coklat tua atau hitam kemerahan
  2. Kulitnya cerah dan mengkilap
  3. Morfologi tubuhnya seimbang
  4. Tidak pucat
  5. Saat berada di kolam tidak diam di pojokan kolam


Nah, perhatikan dari 5 ciri diatas, pastikan memenuhi kriteria diatas pada saat membeli benih ikan. 


6. Berikan pakan yang berkualitas

Pakan yang baik akan menghasilkan ikan yang baik pula, kalimat ini memang sangat tepat karena baik tidaknya ikan berasal dari pakan yang diberikan. 


Pemberian pakan yang berkualitas akan menghasilkan pertumbuhan ikan yang lebih cepat, sebagai seorang pemula yang baru terjun dalam budidaya ikan lele perlu mengetahui jenis pakan apa yang berkualitas.


Kebanyakan dari pembudidaya ikan lele, mencampur jenis pakan seperti pelet, sayuran, bekicot dan lain sebagainya. Selain untuk pertumbuhan ikan, mencampur pakan yang diberikan pada ikan lele juga dapat menekan biaya pakan yang dikeluarkan.


Jika hanya memberikan pakan berupa pelet, tentunya biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak. Anda bisa mencampur pakan asalkan pakan yang diberikan mempunyai kualitas yang tinggi. 


7. Berikan vitamin tambahan

Selain dari pakan yang berkualitas, tambahan vitamin juga dapat mendorong ikan lele berkembang jauh lebih cepat daripada sebelumnya. 


Pemberian vitamin juga akan menjadikan ikan lebih sehat dan aktif, Anda bisa mengkombinasikan vitamin dengan pakan yang berikan. Untuk jenis vitaminnya sendiri cukup banyak beredar di pasaran, silahkan sesuaikan saja jenis vitamin dengan kebutuhan Anda.


8. Berikan pakan dan vitamin secara rutin setiap hari

Apabila pakan dan vitamin yang berkualitas sudah diketahui, pemberian pakan dan vitamin pun harus secara rutin dan teratur. Karena akan percuma jika pemberian pakan dan vitamin ini tidak diberikan secara rutin.


Ikan akan lebih mudah sakit apabila pemberian pakan dan vitamin tidak sesuai jadwal, harus diberikan secara rutin dan terjadwal agar pertumbuhan ikan juga lebih cepat dan gemuk.


Lebih bagus lagi jika Anda memiliki alat pemberian pakan otomatis yang sudah terjadwal pada waktu-waktu tertentu, karena banyak kasus yang terjadi lupa memberikan pakan atau sibuk dengan pekerjaan lain sehingga lupa memberikan pakan ikan lele.


Penutup

Sekian artikel tentang 8+ Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula Sampai Panen. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan wawasan serta ilmu baru mengenai pembudidayaan ikan lele.


Terimakasih sudah membaca konten artikel ini sampai akhir, mohon maaf jikalau terdapat kata-kata yang kurang baik dalam penulisan artikel ini. Jika ada pertanyaan mengenai seputar isi dari artikel ini, silahkan tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan ya.

Post Bottom Ad

Pages