5+ Kesalahan Dalam Budidaya Ikan Lele Yang Harus Dihindari - Situs Hewan

Post Top Ad

5+ Kesalahan Dalam Budidaya Ikan Lele Yang Harus Dihindari

Share This

5+ Kesalahan Dalam Budidaya Ikan Lele Yang Harus Dihindari - Saat ini, budidaya ikan lele menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, bagaimana tidak? Banyaknya permintaan dari pasar membuat ikan lele menjadi salah satu bisnis yang sangat menarik untuk dicoba dan dijalankan. 

foto: instagram @galery_themanfarm

Ikan lele memang sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai ikan konsumsi, di beberapa kota ikan lele diperjualbelikan sebagai olahan makanan yang sangat lezat untuk disantap. Masyarakat pun sangat gemar memakan ikan lele karena rasanya yang enak, hal ini yang menjadi alasan mengapa permintaan pasar sangatlah besar. 



Semakin banyak permintaan maka akan semakin banyak pula cuan yang bisa kita dapatkan dari budidaya ikan lele. Meskipun kadang dianggap sebelah mata, namun pendapatan atau keuntungan dari budidaya ikan lele sangatlah besar. 


Akan tetapi, hal itu bisa terjadi jikalau kita bisa membudidayakan ikan lele dengan baik dan benar. Apabila ikan lele yang kita budidaya tidak di kelola dengan baik maka hasilnya akan sia sia saja dan bahkan bisa mengalami kerugian yang cukup besar. 


5+ Kesalahan Dalam Budidaya Ikan Lele Yang Harus Dihindari

Kesuksesan dalam budidaya ikan lele tentunya tidak lepas dari bagaimana cara pengelolaannya, merawat ikan dari benih hingga panen membutuhkan ilmu tingkat tinggi. Selain itu, faktor alam sekitar juga bisa mempengaruhi budidaya ikan lele. 


Maka dari itu, kita perlu mengetahui dari berbagai aspek dalam budidaya ikan lele ini agar bisa meminimalisir kematian pada ikan lele. Budidaya ikan lele tidak semudah yang kita bayangkan, dibutuhkan ketekunan dan ilmu budidaya ikan lele agar ikan bisa sehat hingga panen tiba. 


Baca Juga :


Bagi seorang pemula yang baru terjun di dunia budidaya ikan lele, akan lebih baik untuk terus belajar mengenai hal baru dalam budidaya ikan lele. Lebih bagus lagi apabila belajar langsung dari orang yang sudah berpengalaman di bidang perlelean karena tentunya sudah pasti terjamin ilmunya. 


Namun, beberapa orang yang membudidayakan ikan lele kerap kali melakukan kesalahan yang bisa membuat ikan lele yang dipelihara menjadi sakit, mati atau stress, sehingga hal ini akan dapat memperlambat pertumbuhan ikan lele. Kesalahan ini lebih sering dijumpai pada pemula yang baru terjun di dunia budidaya lele. 


5+ Faktor Penyebab Kegagalan Budidaya Lele

1. Salah Memilih Bibit/Benih Lele

Pemilihan benih atau bibit pada saat awal dimulainya budidaya sangat perlu untuk diperhatikan, banyak para pemula yang tidak menyadari hal ini. Padahal, faktor benih ini sangat penting untuk keberhasilan panen ikan lele.


Biasanya para pemula belum mengetahui penjual bibit yang berkualitas, yang penting jalan dulu saja budidayanya. Untuk mencari penjual bibit yang berkualitas bisa mengunjungi forum situs jual beli ikan lele dan tentunya perlu melihat ulasan review dari orang-orang yang pernah bertransaksi.


2. Lokasi Kolam Kurang Tepat

Lokasi kolam yang kurang tepat pun bisa menjadi faktor yang menyebabkan kegagalan dalam budidaya ikan lele. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Kesehatan dan kenyamanan dari ikan bisa sangat dipengaruhi dari lokasi kolam.


Carilah lokasi yang mana kolam tidak langsung tersorot oleh terik sinar matahari, bebas dari banjir, bebas dari predator, terdapat saluran air bersih yang memadai, bebas dari bising, dan faktor lain yang tidak mengganggu ikan lele.


3. Kurangnya Pengelolaan Air Kolam

Air sebagai tempat hidup ikan lele harus sangat diperhatikan, karena jika tidak lele akan mengalami stres dan sakit, bahkan banyak juga yang mati karena kurangnya pengelolaan air kolam. Perhatikan pH air kolam ikan lele, apabila pH tidak stabil maka ikan bisa mengalami stress yang menyebabkan hilangnya nafsu makan.


Air kolam ikan lele harus diganti tergantung dari kondisi air, jika kondisi air sedang bagus-bagusnya biasanya per 30 sampai 45 hari penggantian air kolam.


4. Salah Dalam Memberikan Pakan

Banyak para pemula yang baru membudidayakan ikan lele melakukan kesalahan ini, yaitu salah dalam memberikan pakan. Salah satu keberhasilan dalam budidaya lele adalah pemberian pakan yang baik dan konsisten terjadwal. 


Apabila ikan lele tidak diberikan pakan atau diberikan pakan dengan tidak sesuai jadwalnya maka pertumbuhan lele bisa terhambat dan hal ini pastinya akan sangat merugikan bagi kita sebagai pembudidaya.


Oleh karena itu, berikan pakan ikan lele secara rutin dan teratur setiap hari. 


5. Tidak Menyaring Ikan Berdasarkan Ukuran

Pada saat kita membudidayakan ikan lele, menyaring ikan berdasarkan ukuran sangatlah penting. Hal ini dikarenakan ikan lele merupakan hewan kanibal yang dapat memakan sesamanya. Ikan lele yang lebih besar bisa memakan lele yang berukuran lebih kecil, sehingga penyaringan ikan berdasarkan ukuran sangat diperlukan.


Dalam budidaya ikan lele pun disarankan untuk memiliki 3 kolam yang mana masing-masing kolam berisi ikan dengan ukuran yang berbeda, dimulai dari kolam benih, kolam remaja, dan kolam dewasa.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai 5+ Kesalahan Dalam Budidaya Ikan Lele Yang Harus Dihindari. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan wawasan serta ilmu baru mengenai budidaya ikan lele.


Terimakasih sudah membaca konten ini sampai akhir, mohon maaf apabila terdapat kata atau kalimat yang kurang baik dalam penulisan artikel ini. Jika ada pertanyaan mengenai pembahasan artikel ini, silahkan tanyakan di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan ya.

Post Bottom Ad

Pages