Entri Populer

Cara Mengatasi & Penyebab Ikan Louhan Berenang Terbalik

Posting Komentar

Cara Mengatasi & Penyebab Ikan Louhan Berenang Terbalik - Setiap makhluk hidup tentunya tidak akan bisa lepas dengan makhluk hidup lainnya, saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Memelihara hewan peliharaan menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh sebagian orang karena ada sesuatu tersendiri yang dirasakan.

foto: Instagram @saigonfish999

Ada berbagai macam hewan yang bisa di pelihara oleh manusia, secara umum yang paling banyak di pelihara diantaranya seperti kucing, anjing, burung, dan ikan hias. Namun, ada juga yang memelihara hewan yang dianggap liar dan mematikan, seperti ular, buaya, atau bahkan harimau.

    Hewan rumahan dan jinak seperti kucing, anjing, dan ikan hias memang lebih banyak di pelihara ketimbang hewan yang dianggap buas. Selain menyenangkan saat memeliharanya, hewan-hewan tersebut terlihat lucu dan menggemaskan dengan tingkah lakunya.

    Pada saat memelihara hewan, sebagai pemilik dan perawat dari si hewan perlu memerhatikan kondisi fisik, pakan, kandang, dan kebutuhan asupan gizi lainnya yang diperlukan oleh si hewan. Bahkan ketika sedang mengalami sakit, perlu penanganan lebih lanjut agar sang hewan kembali sehat kembali.


    Cara Mengatasi & Penyebab Ikan Louhan Berenang Terbalik

    Setiap jenis hewan peliharaan memiliki tingkah laku yang berbeda-beda, baik pada saat keadaan sehat atau pada saat sedang sakit. Tingkah laku hewan bisa dijadikan penanda dari kondisi hewan. 

    Jika terlihat agresif, hewan peliharaan biasanya sehat-sehat saja. Tapi, ketika sebelumnya agresif namun tiba-tiba diam, murung, atau lemas perlu dipantau lebih lanjut kondisinya. 

    Tingkah laku aneh yang sering terjadi misalnya pada Ikan Louhan. Ikan Louhan memiliki tingkah laku aneh, yaitu sering berenang secara terbalik

    Tingkah laku tersebut memiliki arti tersendiri dan menjadi tanda bagi sang pemilik untuk memeriksa keadaan dari Ikan Louhan. 


    Penyebab Ikan Louhan Berenang Terbalik

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tingkah laku hewan memang bisa diartikan sebagai kondisi daripada tubuhnya. 

    Penyebab Ikan Louhan yang berenang terbalik biasanya terjadi karena Ikan Louhan sedang mengalami Stres. Iya betul, karena ikan merasa stres. Sebagian orang juga menyebut berenang terbalik terjadi karena ikan mengalami kejang-kejang.

    Ikan yang stres terjadi karena berbagai macam faktor, bisa terjadi karena pola hidup ikan yang kurang baik, kualitas air aquarium yang kurang baik, serta pakan bisa menjadi salah satu faktornya. 

    Jika mendapati kondisi Ikan Louhan seperti itu, jangan dibiarkan terlalu lama dan segera cek untuk mengetahui detail kenapa Ikan berperilaku seperti itu. Jika dibiarkan, akan semakin berdampak buruk bagi Ikan, Ikan akan sakit lebih parah bahkan bisa menyebabkan kematian.


    Cara Mengatasi Ikan Louhan Berenang Terbalik

    Ikan yang mengalami berenang terbalik (swim disease) tidak hanya terjadi pada Ikan jenis Louhan saja tetapi bisa terjadi pada jenis ikan lainnya. 

    Agar Ikan Louhan bisa kembali sehat seperti normal lagi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda. Mengatasi Ikan Louhan yang berenang terbalik bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini :

    1. Keluarkan Ikan dari Aquarium, kemudian pijat-pijat perut Ikan Louhan secara perlahan dari badan ikan kebawah agar membantu pencernaan dan membuang udara didalam perut.
    2. Lakukan pemijatan Ikan selama 7-10 menit.
    3. Masukan kembali ikan ke dalam Aquarium, tapi Aquarium yang digunakan berdiameter lebar kaca kecil untuk melatih kembali ikan berenang dengan normal. 
    4. Berikan obat antibiotik untuk Ikan Louhan. 
    5. Jangan dulu memberikan pakan ikan selama 7 hari pada saat melakukan pengobatan, karena dikhawatirkan penyebab ikan yang berenang terbalik disebabkan dari pakan. 


    Penutup

    Demikianlah artikel tentang Penyebab Ikan Louhan Berenang Terbalik. Semoga dengan adanya artikel mengenai Ikan Louhan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. 

    Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis, apabila konten artikel ini memiliki informasi yang bermanfaat, silahkan bagikan atau rekomendasikan pada rekan-rekan sekitar agar bisa mendapatkan manfaat yang sama. 

    Jika terjadi kesalahan pada isi konten ataupun ada pertanyaan mengenai isi konten, silahkan tanyakan pada kolom komentar. 

    Related Posts

    Posting Komentar