Entri Populer

Cara Mengeluarkan Warna Pada Ikan Louhan Dengan Mudah

Posting Komentar

Cara Mengeluarkan Warna Pada Ikan Louhan Dengan Mudah - Siapa yang tahu dengan ikan louhan? Ikan louhan merupakan salah satu ikan hias yang saat ini sangat populer dan banyak dipelihara oleh banyak orang dirumahnya.

foto : instagram @lims_kamfa

Di Indonesia, ikan louhan mempunyai banyak penggemar yang tersebar di berbagai wilayah. Ikan hias ini mempunyai daya tarik yang sangat tinggi yang membuat siapapun terpikat dengan pesona cantik warna tubuh dan keunikannya.

Ikan yang mempunyai ciri khas pada kepalanya yang jenong ini juga banyak di budidayakan untuk bisnis. Harga ikan louhan memang tergolong relatif mahal (tergantung ukuran), namun harga pasaran ikan louhan biasanya cukup stabil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bisnis. 

Ikan louhan mempunyai warna tubuh yang cantik indah dengan dilapisi motif yang membuatnya semakin indah saat dilihat. Untuk mendapatkan warna yang lebih cerah pada ikan louhan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam cara perawatannya.


Faktor Yang Mencerahkan Warna Pada Ikan Louhan

Seperti yang kita ketahui, ikan louhan memang mempunyai warna tubuh yang sangat cantik. Ikan louhan akan terlihat sangat cantik ketika warna pada tubuh ikan keluar seperti memancarkan cahaya yang terang.

Munculnya warna cerah pada ikan louhan merupakan sesuatu hal yang sangat bagus, karena tidak semua ikan louhan dapat mengeluarkan warna yang sangat cerah. Cerahnya warna tubuh ikan louhan ini tentunya di dasari karena berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi.

Baca Juga :

Faktor yang mempengaruhi kecerahan warna pada tubuh ikan louhan diantaranya :

  • Pakan yang diberikan
  • Usia ikan
  • Gen bawaan ikan
  • Fisik atau kesehatan ikan
  • Kualitas air akuarium
Faktor diatas sangat mempengaruhi kecerahan bagi ikan louhan, semakin baik perawatan ikan louhan maka akan menghasilkan kualitas ikan yang maksimal. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawata ikan louhan dengan baik dan benar.


Cara Mencerahkan Warna Pada Ikan Louhan Dengan Mudah

Setelah mengetahui faktor yang mencerahkan warna tubuh ikan louhan, lalu bagaimana cara mencerahkan warna pada ikan louhan? Untuk caranya masih berkaitan dengan faktor diatas, tapi untuk lebih jelasnya mari simak lebih detail dibawah ini.

Berikut ini beberapa cara mencerahkan warna pada ikan louhan :
1. Berikan pakan cacing sutra atau jangkrik (yang masih anakan) secara rutin. Beri pakan dua kali dalam sehari. Pemberian makan yang bergizi akan mempercepat keluarnya warna cerah dan jenong pada ikan louhan. 
2. Pasang filter pada akuarium agar kualitas air terjaga dan sirkulasi air di dalam akuarium lancar.
3. Pastikan akuarium yang ditempati ikan louhan mempunyai ukuran yang cukup luas agar ikan merasa nyaman. Ukuran aquarium yang ideal untuk ikan louhan adalah 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm atau lebih.
4. Lihat perkembangan ikan hingga dewasa, karena seiring bertambahnya usia warna dari ikan akan semakin cerah.
5. Kadar pH air 7 sampai 8.
6. Lakukan interaksi dengan ikan louhan sesekali, seperti menempelkan jari ke kaca kolam aquarium.
7. Jangan tempatkan aquarium di tempat yang terlalu terang dengan cahaya, tempatkan di tempat yang posisi cahayanya redup.
8. Pakai heater agar suhu air aquarium stabil, suhu ideal yang baik bagi ikan louhan yaitu 26 sampai 30 derajat.

Penutup

Sekian artikel mengenai yang bisa ditulis, semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan wawasan baru tentang ikan louhan. 

Terimakasih sudah membaca dan berkunjung pada website ini, mohon maaf apabila ada kalimat atau kata yang kurang baik dalam penulisan artikel. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan konten ini pada rekan-rekan di sekitarmu agar mereka mendapatkan manfaat yang sama. 

Related Posts

Posting Komentar