Entri Populer

4+ Perawatan Kacer Dorong Ekor Agar Cepat Gacor

Posting Komentar

4+ Perawatan Kacer Dorong Ekor Agar Cepat Gacor - Saat ini, memelihara hewan peliharaan menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Hobi ini tidak terhalang oleh usia, baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun banyak yang memiliki hobi ini.

foto: instagram @ajsbirdshop

Ada banyak beragam hewan peliharaan yang bisa dipilih untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Salah satu jenis hewan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat adalah burung, burung memang menjadi salah satu jenis hewan yang cukup banyak dipelihara.

Jenis burung yang cukup banyak dipilih untuk dijadikan peliharaan adalah burung kacer. Burung ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena cukup banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia.

Burung kacer mempunyai ciri khas yaitu suaranya yang merdu, warna bulu yang unik, serta paruhnya yang lancip. Burung ini termasuk burung petarung yang agresif dan cukup tangguh, banyak yang menyukai model burung petarung seperti ini.  


Faktor Burung Kacer Tidak Bunyi atau Macet Bunyi

Burung kacer dikenal mudah gacor, gacor disini berarti burung akan lebih sering mengeluarkan bunyi kicauan sepanjang hari. Ketika mendengar suara kicauan dari burung lain pun, burung kacer akan membalas dengan kicauannya.

Walaupun begitu, ada satu kendala dimana burung kacer tidak mengeluarkan bunyi yang dikenal dengan macet bunyi atau malas bunyi. Saat memasuki masa tersebut, kacer tidak akan mengeluarkan suara kicauannya. 

Baca Juga :

Bagi seorang pemula yang baru merawat burung kacer mungkin akan sedikit kebingungan mengapa kacer tidak mengeluarkan bunyi, hal itu bisa terjadi karena berbagai macam faktor yang mempengaruhinya.

Salah satu faktornya adalah burung kacer sedang masuk dalam masa dorong ekor. Masa dorong ekor pada burung kacer memang biasa terjadi pada setiap tahunnya, rasa sakit yang ditimbulkan saat masa dorong ekor inilah yang membuat para kacer tidak mengeluarkan bunyinya.


Mengenal Kacer Dorong Ekor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masa dorong ekor akan terjadi pada setiap burung kacer di setiap tahunnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan burung kacer tidak berbunyi karena rasa sakit pada masa dorong ekor. 

Ada 2 fase yang akan terjadi pada burung kacer, yaitu masa mabung dan dorong ekor. Awal masa kacer dorong ekor ini akan terjadi setelah masa mabung, masa mabung ini merupakan proses jatuhnya bulu-bulu kecil dan besar pada burung kacer. Setelah masa mabung selesai, maka selanjutnya akan terjadi masa dorong ekor.

Masa mabung biasanya ditandai dengan jatuhnya bulu-bulu kecil kemudian setelah itu bulu-bulu besar dari bagian ekor hingga area tubuh berjatuhan satu persatu di setiap harinya.

Setelah masa mabung selesai, akan tiba masa dorong ekor. Kita perlu melakukan perawatan yang lebih dalam masa dorong ekor kacer, hal ini perlu dilakukan agar bulu-bulu yang sebelumnya berjatuhan bisa tumbuh kembali seperti semula.


Cara Merawat Kacer Dorong Ekor Agar Cepat Gacor

Pada saat masa dorong ekor kacer, perlu melakukan perawatan yang cukup ekstra daripada sebelumnya. Mulai dari pakan hingga perawatannya harus diperhatikan agar membuahkan hasil yang maksimal.

Lalu bagaimana cara merawat kacer dorong ekor agar cepat gacor? Untuk mengetahuinya, silahkan simak dibawah ini ya.

1. Berikan Pakan Berkualitas

Tips pertama agar kacer bisa cepat gacor setelah masa mabung adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Pakan yang berkualitas akan mempercepat proses masa dorong ekor pada kacer. Anda bisa membeli pakan berkualitas ini di toko-toko burung terdekat di lingkungan sekitar.

Anda juga bisa bertanya pada sesama komunitas burung kacer perihal pakan yang bagus saat kacer dorong ekor. Intinya, pakan yang berkualitas akan mempengaruhi proses masa dorong ekor kacer.


2. Berikan Vitamin & Pakan Tambahan

Selanjutnya bisa juga dengan memberikan vitamin dan pakan tambahan. Selain memberikan pakan yang berkualitas, Anda juga bisa menambahkan vitamin serta pakan tambahan yang akan membantu proses kacer dorong ekor semakin cepat.

Vitamin dan pakan tambahan yang bisa diberikan pada kacer berupa minyak ikan dan jangkrik. Jangkrik memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk proses masa kacer dorong ekor. 

Cara pemberian vitamin dan pakan tambahan agar maksimal, jangkrik di olesi dengan minyak ikan, lalu diberikan pada burung kacer.


3. Mandikan Secara Rutin

Mandi secara rutin dapat mempercepat gacor burung kacer yang dalam masa dorong ekor. Kacer yang sedang mengalami masa dorong ekor akan cenderung pasif atau diam, malas untuk bergerak dan malas mengeluarkan suara.

Maka dari itu agar kesehatannya tetap terjaga, mandikan kacer setiap hari secara rutin dengan cara di semprot. Namun, setelah dimandikan jangan menjemur kacer dengan sinar matahari. Untuk mengeringkannya, cukup dengan didiamkan saja didalam sangkar. 


4. Jangan Jemur Dibawah Sinar Matahari

Tips terakhir, jangan menjemur kacer dibawah sinar matahari. Merawat burung kacer biasanya akan disarankan untuk menjemur dibawah sinar matahari. Tapi untuk kacer yang sedang dorong ekor, jangan dijemur dibawah sinar matahari karena akan merasa stres dan tidak nyaman yang akan berdampak pada lamanya proses dorong ekor.

Kacer yang sedang dorong ekor harus membutuhkan banyak istirahat. Akan lebih baik meletakkan sangkar burung di dalam rumah yang jauh dari paparan sinar matahari, kacer yang sedang dalam masa dorong ekor akan lebih nyaman dalam posisi tersebut.


Penutup

Sekian artikel tentang 4+ Perawatan Kacer Dorong Ekor Agar Cepat Gacor. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan solusi untuk perawatan kacer dorong ekor.

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi website dan membaca konten ini sampai akhir. Mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yang kurang baik dalam penulisan ini. Rekomendasikan dan bagikan konten artikel kami kepada rekan-rekan disekitarmu ya.

Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar